A. Pengertian grafika
Animasi sendiri berasal dari bahasa latin
yaitu “anima” yang berarti jiwa, hidup, semangat. Sedangkan karakter
adalah orang, hewan maupun objek nyata lainnya yang dituangkan dalam
bentuk gambar 2D maupun 3D. shingga karakter animasi secara dapat
diartikan sebagai gambar yang memuat objek yang seolah-olah hidup,
disebabkan oleh kumpulan gambar itu berubah beraturan dan bergantian
ditampilkan. Objek dalam gambar bisa berupa tulisan, bentuk benda, warna
dan spesial efek.
Pengertian Animasi Menurut Ibiz Fernandes dalam
bukunya Macromedia Flash Animation & Cartooning: A creative Guide,
animasi definisikan sebagai berikut :
“Animation is the process of
recording and playing back a sequence of stills to achieve the illusion
of continues motion” ( Ibiz Fernandez McGraw- Hill/Osborn, California,
2002)
Yang artinya kurang lebih adalah :
“Animasi adalah sebuah
proses merekam dan memainkan kembali serangkaian gambar statis untuk
mendapatkan sebuah ilusi pergerakan.” Berdasarkan arti harfiah, Animasi
adalah menghidupkan. Yaitu usaha untuk menggerakkan sesuatu yang tidak
bisa bergerak sendiri.
Secara garis besar, animasi computer dibagi menjadi dua kategori, yaitu:
a. Computer
Assisted Animation, animasi pada kategori ini biasanya menunjuk pada
system animasi 2 dimensi, yaitu mengkomputerisasi proses animasi
tradisional yang menggunakan gambaran tangan. Computer digunakan untuk
pewarnaan, penerapan virtual kamera dan penataan data yang digunakan
dalam sebuah animasi.
b. Computer Generated Animation, pada kategori
ini biasanya digunakan untuk animasi 3 dimensi dengan program 3D seperti
3D Studio Max, Maya, Autocad dll.
Animasi merupakan salah satu
bentuk visual bergerak yang dapat dimanfaatkan untuk menjelaskan materi
pelajaran yang sulit disampaikan secara konvensional. Dengan
diintergrasikan ke media lain seperti video, presentasi, atau sebagai
bahan ajar tersendiri animasi cocok untuk menjelaskan materi-materi
pelajaran yang secara langsung sulit dihadirkan di kelas atau
disampaikan dalam bentuk buku. Sebagai misal proses bekerjanya mesin
mobil atau proses terjadinya tsunami.
B. Pengertian Multimedia
Menurut
Rosch definisi animasi adalah kombinasi dari computer dan video,
menurut McCornick multimedia secara umum merupakan kombinasi tiga
elemen, yaitu suara, gambar dan teks. Menurut Turban, dkk multimedia
adalah kombinasi dari paling sedikit dua media input atau output dari
data, media ini berupa audio (suara, musik), animasi, video, teks,
grafik, dan gambar. Menurut Robin dan Linda multimedia merupakan alat
yang dapat menciptakan presentasi yang dinamis dan interaktif yang
mengkombinasikan teks, grafik, animasi, audio, dan gambar video.
Definisi lain dari multimedia yaitu dengan menempatkan dalam konteks
seperti yang dilakukan Hofstetter, multimedia adalah pemanfaatan
computer untuk membuat dan menggabungkan teks, grafik, audio, gambar
bergerak (video dan animasi) dengan menggabungkan link dan tools yang
memungkinkan navigasi, berinteraksi, berkreasi, dan berkomunikasi.
C. Prinsip Dasar Animasi
Animasi berasal dari kata ”Animation” yang dalam bahasa Inggris ”to animate” yang berarti menggerakan.
Jadi animasi dapat diartikan sebagai menggerakan sesuatu (gambar atau obyek) yang diam.
Sejarah
animasi dimulai dari jaman purba, dengan ditemukannya lukisan-lukisan
pada dinding goa di Spanyol yang menggambarkan ”gerak” dari
binatang-binatang. Pada 4000 tahun yang lalu bangsa Mesir juga mencoba
menghidupkan suatu peristiwa dengan gambar-gambar yang dibuat berurutan
pada dinding.
Sejak menyadari bahwa gambar bisa dipakai sebagai
alternatif media komunikasi, timbul keinginan menghidupkan
lambang-lambang tersebut menjadi cermin ekspresi kebudayaan. Terbukti
dengan diketemukannya berbagai artefak pada peradapan Mesir Kuno 2000
sebelum masehi. Salah satunya adalah beberapa panel yang menggambarkan
aksi dua pegulat dalam berbagai pose.
Animasi sendiri tidak akan
pernah berkembang tanpa ditemukannya prinsip dasar dari karakter mata
manusia yaitu: persistance of vision (pola penglihatan yang teratur).
Paul Roget, Joseph Plateau dan Pierre Desvigenes, melalui peralatan
optic yang mereka ciptakan, berhasil membuktikan bahwa mata manusia
cenderung menangkap urutan gambar-gambar pada tenggang waktu tertentu
sebagai suatu pola. Dalam perkembangannya animasi secara umum bisa
didefinisikan sebagai:
Suatu sequence gambar yang diekspos pada tenggang waktu tertentu sehingga tercipta sebuah ilusi gambar bergerak
a. Jenis-Jenis Animasi
Dilihat dari tehnik pembuatannya animasi yang ada saat ini dapat dikategorikan menjadi 3, yaitu:
Animasi Stop-motion (Stop Motion Animation)
Animasi Tradisional (Traditional animation)
Animasi Komputer (Computer Graphics Animation)
1. Stop-motion animation
Stop-motion
animation sering pula disebut claymation karena dalam perkembangannya,
jenis animasi ini sering menggunakan clay (tanah liat) sebagai objek
yang digerakkan .Tehnik stop-motion animation merupakan animasi yang
dihasilkan dari penggambilan gambar berupa obyek (boneka atau yang
lainnya) yang digerakkan setahap demi setahap. Dalam pengerjaannya
teknik ini memiliki tingkat kesulitan dan memerlukan kesabaran yang
tinggi.
Wallace and Gromit dan Chicken Run , karya Nick
Parks, merupakan salah satu contoh karya stop motion animation. Contoh
lainnya adalah Celebrity Deadmatch di MTV yang menyajikan adegan
perkelahian antara berbagai selebriti dunia.
2. Animasi Tradisional (Traditional animation)
Tradisional
animasi adalah tehnik animasi yang paling umum dikenal sampai saat ini.
Dinamakan tradisional karena tehnik animasi inilah yang digunakan pada
saat animasi pertama kali dikembangkan. Tradisional animasi juga sering
disebut cel animation karena tehnik pengerjaannya dilakukan
pada celluloid transparent yang sekilas mirip sekali dengan transparansi
OHP yang sering kita gunakan. Pada pembuatan animasi tradisional,
setiap tahap gerakan digambar satu persatu di atas cel.
Dengan
berkembangnya teknologi komputer, pembuatan animasi tradisional ini
telah dikerjakan dengan menggunakan komputer. Dewasa ini teknik
pembuatan animasi tradisional yang dibuat dengan menggunakan komputer
lebih dikenal dengan istilah animasi 2 Dimensi.
3. Animasi Komputer
Sesuai
dengan namanya, animasi ini secara keseluruhan dikerjakan dengan
menggunakan komputer. Dari pembuatan karakter, mengatur
gerakkan “pemain” dan kamera, pemberian suara, serta special effeknya
semuanya di kerjakan dengan komputer.
Dengan animasi komputer,
hal-hal yang awalnya tidak mungkin digambarkan dengan animasi menjadi
mungkin dan lebih mudah. Sebagai contoh perjalanan wahana ruang angkasa
ke suatu planet dapat digambarkan secara jelas, atau proses terjadinya
tsunami.
Perkembangan teknologi komputer saat ini, memungkinkan orang
dengan mudah membuat animasi. Animasi yang dihasilkan tergantung
keahlian yang dimiliki dan software yang digunakan.
b. Software Animasi
Saat
ini terdapat banyak jenis software animasi yang beredar di pasaran,
dari software yang mempunyai kemampuan yang sederhana hingga yang
komplek, dari yang gratis hingga puluhan juta rupiah.
Dari sisi
fungsi penggunaan software animasi dapat dikelompokkan menjadi Software
Animasi 2 Dimensi dan Software Animasi 3 Dimensi.
1. Software Animasi 2 Dimensi.
Software
animasi 2D adalah software yang digunakan untuk membuat animasi
tradisional (flat animation), umumnya mempunyai kemampuan untuk
menggambar, mengatur gerak, mengatur waktu, beberapa dapat mengimpor
suara. Dari sisi penggunaan umumnya tidak sulit.
Contoh dari Software Animasi 2D ini antara lain:
Macromedia Flash
Adobe Flash
Macromedia Director
ToonBoom Studio
Adobe ImageReady
Corel RaVe
Swish Max
Adobe After Effect
2. Software Animasi 3 Dimensi
Software
animasi 3D mempunyai fasilitas dan kemampuan yang canggih untuk membuat
animasi 3 dimensi. Fasilitas dan kemampuan tersebut antara lain,
membuat obyek 3D, pengaturan gerak kamera, pemberian efek, import video
dan suara, serta masih banyak lagi. Beberapa software animasi 3D
mempunyai kemampuan khusus, misalnya untuk animasi figure(manusia),
animasi landscape (pemandangan), animasi title (judul), dll. Karena
kemampuannya yang canggih, dalam penggunaannya diperlukan pengetahuan
yang cukup tinggi dan terkadang rumit.
Contoh dari Software Animasi 3D ini antara lain:
3D Studio Max
Maya
Poser (figure animation)
Bryce (landscape animation)
Vue (landscape animation)
Cinema 4D
Blender (gratis)
Daz3D (gratis)
Recent
Rabu, 01 Februari 2017
modul 4 grafika
modul 4 grafika
Unknown
5.0
stars based on
35
reviews
A. Pengertian grafika Animasi sendiri berasal dari bahasa latin yaitu “anima” yang berarti jiwa, hidup, semangat. Sedangkan karakter ada...
This Is The Newest Post
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Sosial Media
Featured
Paling Dibaca
-
Sistem Basis Data – Konsep Dasar Pengertian Basis Dat...
-
PEMROGRAMAN C++ Dasar Teori C++ diciptakan oleh Bjarne Stroustroup. Dari Laboratorium Bell, AT&T pada tahun 1983. P...
-
SOFTWARE Berdasarkan lisensi yang diberikan, software ini dibagi menjadi beberapa jenis, yaitu : Freeware Software dengan lisensi...
-
Tugas Rangkuman Modul Praktikum PTI Pengertian Internet Internet berasal dari kata Interconection Networking yang mem...
-
MICROSOFT WINDOWS dan LINUX Perbedaan Linux dan Windows sebenarnya sama-sama merupakan suatu system operasi komputer. Hanya saja linux ...
-
1. Klik Menu Start Pilih Control Panel 2. Klik Network and Sharing 3. Klik change adapter Setting ...
-
A. Pengertian grafika Animasi sendiri berasal dari bahasa latin yaitu “anima” yang berarti jiwa, hidup, semangat. Sedangkan karakter ada...
-
Casing Casing adalah bagian dalam komputer yang berfungsi sebagai pakain atau pelindung dari CPU. Bentuk yang umum adalah kotak perseg...
-
Untuk pengkabelan kita memerlukan alat-alat yaitu: Tank Crimping Tank Crimping adalah alat untuk memotong kabel UTP dan untuk me...
-
Pengertian Informasi Berikut ini akan disampaikan beberapa pengertian informas...
Formulir Kontak
Diberdayakan oleh Blogger.
EmoticonEmoticon